Thursday, May 16, 2013

Nasihat untuk Dhiri



Kekasih, sudahkah kita menakar cinta. Jika masih ada pertanyaan kenapa harus ditakar, sebab cinta tak tetap. Cinta memuai dan mengkerut. Kita harus sering menakar cinta kita. Sebab apa, sebab Cinta manusia sering berbalut karat. Cinta yang berkarat hendaklah selekasnya disepuh dengan kebeningan hati, kejernihan akal jika manusia adalah makhluk. Seyogyanya makhluk ia akan mengagungkan pencipta. Dialah ALLAH, pemilik segala yang tampak dan tersembunyi, yang terlihat dan yang rahasia. Cinta ALLAH tak mungkin kita bisa menyamai. Cinta ALLAH adalah cinta Kaffah, dan kita selalu lupa untuk berbenah. Atau kita menciptakan keheningan dalam keramaian. Kalian adalah manusia pilihan, yang diberi hak untuk menikmati dunia. Maka carilah ridha allah, sebab dengan mencarinya cintamu yang berkarat lambat laun akan meluruh, hilang, dan menjadi cinta yang kaffah.  

Apabila yang berkarat itu cintamu kepada manusia, maka tak ada jalan lain selain menebar sapa kepada sesama. Bertegur sapa adalah membuka kran kebaikan. Setelah kran itu dibuka, tentu insyaallah segala kebaikan akan mengalir. Ingatlah, sesama manusia itu ladang amal. Saling menolong dan membantu adalah kasih dalam perbuatan bukan hanya teks yang dibaca. Maka segeralah mulai memerhatikan saudara, teman, tetaangga, orang terdekat, yang jauh, yang satu perjalan, atau yang dalam perjumpaan.

Melakukan hal yang kadang hal yang dianggap sepele merupakan bakti terhadap kasih sayang. Memberikan air minum, membawakan sesuatu, menyediakan waktu untuk berbagai tentu akan mengindahkan kehidupan ini. Sepatutnya kita menghindari orang lain tersinggung, menjaga diri, memelihara adab demi kehidupan bersama menjadikan dunia ini lebih indah, lebih indah dari sekedar angan-angan.

Omah gedheg, 17 Mei 2013.
(Nasihat untuk diri sendiri)

No comments:

Post a Comment

Palemboko, tempat nyaman penuh pesona

Tak ada habisnya, tempat yang nyaman selalu dicari. Waktu luang, dipergunakan untuk mencari hiburan, menenangkan pikiran, kenyamanan  dan me...