Sunday, May 24, 2015

Langgam, Isyu terkini, dan yang Memecah Belah



Kenapa kita tiba-tiba selalu meributkan sesuatu hal. Apakah sebab kita memang setiap hari merasa lebih pandai, lebih berpengetahuan, lalu satu hal akan menjadi sebuah perdebatan. Apakah memang satu manfaat kita belajar adalah soal perdebatan, menjadikan diri menjadi lebih daripada manusia yang lain, atau lebih dari makhluk yang lain. Pernah ingat sebuah ayat, yang membedakan diantara kita adalah Takwa, dan ukuran takwa bukanlah memakai standar ataupun indicator. ALLAH yang memiliki segala.
Isu kontemporer adalah isu menyesatkan, berita terkini adalah berita dalam tataran pikiran dan pengetahuan. Pernah ingat cerita Nabi Muhammad mendapat cahaya pertama, wahyu pertama turun kepada manusia pilihan. Bukan manusia berpengetahuan, apalagi manusia yang merasa pandai secara ilmu. Manusia yang dengan seganap jiwa dan hati untuk dekat kepada ALLAH. Maka ALLAH memilii hak untuk memberinya sebuah cahaya, penerang. Cahaya diri yang sebenarnya juga untuk mencahayai sekitarnya, mencahayai umat agar segera lepas landas dari jaman jahiliyah.
Kalau hari ini isu langgam pembacaan ayat-ayat yang turun pada ribuan tahun itu menjadi monster dalam pikiran dan akal, trus engkau akan mendapatkan apa. Apakah pengetahuan diri lebih berari kepada usaha mendekatkan diri kepada pemilik. Apakah kau merasa setiap suara dari bumi sampai ke langit. Bukankah nabi Muhammad bercahaya dulu baru sampai ke langit, begitu juga dengan bacaan kalam-kalam itu.  Apakah sampai ke langit. Bisa jadi ia hanya membuat telingamu terkagum dengan suaranya, tanpa mau menaikkan ke langit. Apakah walau bacaan benar, sesuai ini, itu lalu sampai ke langit. Jangan percaya kepada teori ilmuwan pengetahuan yang senantiasa menganggap ALLAH adalah makhluk sehingga selalu menyamakan dalam perkiraan pikir dan akal mereka. Suara dari hati, dengan lemah lembut, mungkin saja. Trus bacaan bagus, benar dan berlanggam langgam itu apakah sampai ke langit, sedangkan setelah itu menerima bayaran?

No comments:

Post a Comment

Palemboko, tempat nyaman penuh pesona

Tak ada habisnya, tempat yang nyaman selalu dicari. Waktu luang, dipergunakan untuk mencari hiburan, menenangkan pikiran, kenyamanan  dan me...